Shareaholic

Shareaholic - related post

Sunday, November 1, 2015

Pompa air untuk dekorasi

Rumah bukan hanya sebuah bangunan dimana kita tinggal. Tapi rumah merupakan sebuah tempat bernaung dan berlindung, sebuah tempat untuk pulang, dimana kita merasa nyaman di dalamnya.

Itulah mengapa dalam bahasa inggris ada istilah “home” dan “house” untuk menyebut rumah. Home merupakan kata sifat, berhubungan dengan hati. Sementara house adalah kata benda, bangunan rumah itu sendiri.

Sebuah house belum tentu menjadi home. Sedangkan home belum tentu merupakan sebuah rumah. Home bisa berupa desa, kota, negara, maupun sebuah bangunan rumah. Kita menyambut para atlet yang berjuang di olimpiade, tentara yang pulang dari medan perang, sanak keluarga yang pulang setelah menempuh pendidikan di luar negeri selama bertahun-tahun dengan spanduk bertuliskan “Welcome home”, “Selamat datang di rumah”.

Bagaimana agar bangunan rumah bisa menjadi rumah, sebuah house menjadi home? Tentunya dengan menciptakan suasana nyaman di dalam rumah.

Suasana nyaman ini bisa diciptakan dengan kebersamaan bersama keluarga. Atau bisa dengan mempercantik bangunan rumah. Cara mempercantik rumah bisa dari sisi arsitektur, konsep bangunan, teknologi yang diterapkan, hingga fasilitas penunjang (dekorasi) untuk meningkatkan kenyamanan pada rumah.

Di tulisan ini, kita akan membahas tentang penggunaan pompa celup / submersible pump untuk fontain sebagai sarana dekorasi di rumah.

Gb. Fontain
Fontain adalah salah satu fasilitas yang menunjang kenyamanan dalam dumah. Fontain merupakan hiasan dekoratif yang menerapkan aliran air (dapat berupa air mancur) yang dibangun pada bangunan rumah, seperti halaman rumah, balkon, area halaman bangunan, hingga pada interior rumah.

Dalam penggunaannya, fontain membutuhkan pompa air sebagai alat untuk memompa air dari sumber reservoirnya. Jenis pompa air yang sangat cocok digunakan pada fontain adalah tipe submersible, atau lebih cocok disebut dengan pompa celup (karena digunakan dalam kondisi terendam air).

Gb. Pompa celup dan prinsip kerjanya
Pompa celup / submersible pump bekerja dengan cara mangalirkan/memancarkan air dari tempat pompa tersebut digunakan, hingga menuju tempat aliran yang diinginkan.
Dalam spesifikasinya, pompa celup / submersible pump hanya terdapat total discharge (ketinggian air maks. yang dipancarkan) dan debit air yang dapat dihasilkan. Dengan demikian penggunaan pompa celup / submersible pump lebih cocok digunakan sebagai alat penunjang untuk dekoratif saja, tidak untuk menggantikan fungsi transfer air seperti pada pompa air umumnya.

Hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan pompa celup / submersible pump adalah level air dan kebersihan dari air tersebut. Pompa celup akan mengalami kerusakan apabila beroperasi tanpa air. Demikian juga air yang kotor dapat menyebabkan terganggunya saluran pada pompa sehingga kinerja pompa menjadi berat.

Selain untuk kebutuhan dekoratif, pompa celup / submersible pump juga dapat digunakan untuk kebutuhan lain guna proses transfer / pemindahan air, seperti untuk membuang air di dalam dek kapal, mengairkan air danau untuk digunakan pada kebutuhan tanaman, hingga untuk mengalirkan air dari sumber air sumur bor ke dalam bak kamar mandi. Tetapi dalam penggunaan tersebut harus diperhatikan poin-poin diatas agar kinerja pompa tetap maksimal.

Demikian sedikit informasi mengenai jenis-jenis pompa celup / submersible pump

Dapatkan produk pompa celup / submersible pump hanya di AJBS Home Centre.

AJBS Home Centre bisa Anda kunjungi di Kota Surabaya, Gresik, Sidoarjo, dan Semarang.



No comments:

Post a Comment