Shareaholic

Shareaholic - related post

Thursday, November 5, 2015

Kunci Inggris, Benarkah Berasal Dari Inggris?


Mengapa disebut kunci inggris? Apakah karena ditemukan orang inggris? Lantas apakah orang-orang bule sana juga menyebut kunci inggris ini dengan “English Key”? Jangan-jangan cuma orang Indonesia yang menyebut kunci pas yang bisa diatur lebarnya ini dengan sebutan kunci inggris?


Gb. J. P. Johansson - pengembang kunci inggris
Pertanyaan ini tiba-tiba menggelitik benak saya di suatu siang. Daripada penasaran, saya pun mencoba mencari jawabannya via (apalagi kalau bukan) Google. Dan ternyata memang benar, kunci inggris memang disebut sebagai “English Key” di beberapa negara.
Kunci Inggris pada awal tahun 1900 masehi










Kunci inggris di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah seperti Perancis, Spanyol, Turki, Jerman, Portugal, Suriah, Libanon, dll memang dikenal sebagai “English Key”, karena memang kunci inggris ini ditemukan oleh seorang insinyur asal Inggris bernama Richard Clyburn pada tahun 1842. Pada awal penemuannya, bentuk kunci inggris tidak seperti yang kita kenal sekarang. Lebih mirip kunci pipa menurut saya. 
Adalah Johan Petter Johansson, seorang penemu asal Swedia yang mempatenkan temuannya pada 1891. Hasil patennya inilah yang kita kenal sebagai kunci inggris dengan bentuk yang kita kenal sekarang. Tidak heran jika di Denmark yang notabene adalah negara tetangga Swedia, juga Polandia dan Israel, kunci inggris ini tidak disebut sebagai kunci inggris, melainkan “Swedish Key”.
Gb. Dari bawah:
1. Kunci Inggris pada tahun 1892 (Enköping Mekaniska Verkstad)
2. Kunci Inggris pada tahun 1910 dengan desain yang pegangan baru (BAHCO)
4. Kunci Inggris pada tahun 1914 dengan desain handel melingkar (BAHCO)
5. Kunci Inggris pada tahun 1954 dengan sudut rahang 15° (BAHCO)
6. Kunci Inggris pada tahun 1984 desain handel ergonomi (BAHCO)
4. Kunci Inggris desain saat ini 1992 (BAHCO)

Justru di Inggris, kunci inggris tidak disebut sebagai english key, melainkan adjustable spanner. Di Amerika Serikat, masyarakat sana mengenal kunci perkakas ini sebagai adjustable wrench. Di beberapa negara malah menamainya sesuai nama produsen. Seperti Bahco di beberapa negara di Benua Eropa. Nama Bahco berasal dari perusahaan yang dimiliki Johan Petter Johansson yaitu B.A. (Bernt August) Hjort & Company. Penamaan berdasarkan merk ini juga terjadi di Amerika Serikat dan Kanada. Dimana mereka menyebut kunci inggris sebagai "Crescent Wrench". Crescent sendiri adalah produsen kunci perkakas yang terkenal dengan produk kunci inggrisnya. 

Rupanya penamaan barang berdasarkan merek tidak hanya terjadi di Indonesia saja

No comments:

Post a Comment