Shareaholic

Shareaholic - related post

Sunday, October 11, 2015

Mengenal Material Kunci Mekanik (Tools)

 
Tools atau mungkin kita mengenalnya sebagai "kunci mekanik", merupakan peralatan teknik yang memudahkan tugas kita untuk pekerjaan sehari-hari. Mulai dari mengencangkan baut, menggergaji kayu, memasang paku, hingga pekerjaan lain yang bersifat mekanis.


Pada produk tools, sering kita jumpai pula kode-kode selain keterangan spesifikasi yang tertulis pada bagian produk, kode tersebut merupakan kode material logam yang digunakan sebagai penyusun (bahan) dari produk tools
Seperti apakah jenis-jenis material (bahan) yang umum digunakan pada produk tools tersebut? Berikut penjelasannya. 

        1. Chrome Vanadium. (CrV)


Gb. Kode material Chrome Vanadium pada tools.
Chrome Vanadium (CrV) merupakan jenis material yang paling banyak kita temui pada produk tools, terutama pada produk-produk wrench (kunci mekanikal), dan sock (kunci sok). Penggunaan bahan Chrome Vanadium dikhususkan untuk perkakas yang digunakan dalam proses pengencangan.
Keunggulan dari penggunaan material ini adalah pada segi kekuatan yang dihasilkan serta ketahanannya terhadap karat, sehingga material Chrome Vanadium  hampir digunakan pada semua produk tools. Chrome Vanadium tersebut merupakan kombinasi dari material logam jenis Chrome & Vanadium yang disatukan dengan perbandingan tertentu. Chrome memberikan tampilan mengkilap pada produk tools, sementara Vanadium memberikan kekuatan. Vanadium sendiri juga dikenal sebagai material yang tahan karat.

       2. Molybdenum materials. (Mo)
Molybdenum materials memiliki karakter yang berbeda dengan Chrome Vanadium, material ini memiliki warna utama abu-abu kehitaman. Selain itu, kelebihan dari material molybdenum yaitu jauh lebih kuat daripada Chrome Vanadium, sehingga banyak diaplikasikan pada bahan produk yang menggunakan gaya impact / pukulan pada penggunaannya, seperti kunci sock impact dan kunci roda truk.

       3. S2 Materials.

Material jenis S2, banyak digunakan pada produk kunci L (hex keys). Keunggulan yang dimiliki pada material ini adalah adanya elastisitas pada struktur material logamnya, sehingga membuat produk dengan material S2 lebih kuat dan lentur.
S2 materials merupakan pengembangan dari material Chrome Vanadium yang dihilangkan kadar karbonnya, sehingga memiliki karakteristik baru yang bersifat fleksibel / lentur. Namun perlu dipahami bahwa sifat lentur ini sama sekali tidak mengurangi kekuatan tools, jadi jangan khawatir jika kunci L Anda melentur saat digunakan, itu adalah hal yang wajar.

       4. Alloy steel.
Alloy steel materials on Pipe wrench
Alloy steel, atau biasa disebut dengan besi cor (cast iron), atau besi tempa. Jenis material ini dibuat dari kerak sisa proses peleburan logam besi yang dilebur ulang dan dicetak menyesuaikan pada bentuk produk yang akan dibuat.
Keunggulan dari material Alloy steel adalah pada ketahanan kekuatannya, dimana produk dengan Alloy steel ini tidak bisa mengalami kebengkokan, namun bisa patah apabila terkena pukulan (impact).
Yang perlu dipahami adalah, tidak ada standar perpaduan komposisi bahan pada tiap merek. Hal ini mengakibatkan kekuatan yang dihasilkan pada setiap brand / merek berbeda-beda. Sama-sama terbuat dari Chrome Vanadium, tools branded dengan tools yang kita beli di pedagang asongan kekuatannya bisa saja berbeda. Mungkin saja tools yang dijual murah di pedagang asongan kandungan Chrome-nya lebih tinggi dibandingkan Vanadium demi memberikan efek mengkilap walaupun mengorbankan kekuatan.

Semoga artikel ini memberikan manfaat dan pengetahuan baru bagi Anda.  

Dapatkan produk tools berkualitas hanya di AJBS Home Centre.

AJBS Home Centre bisa Anda kunjungi di Kota Surabaya, Semarang, Gresik, dan Sidoarjo.




5 comments:

  1. Kalo carbon steel - matt finish apa gang?

    ReplyDelete
  2. drop forged steel..sama dgn alloy steel yg prosesnya dilebur lalu ditempa dan dikeraskan di suhu tertentu dan kandungan chrom vanadiumnya yg sedikit.maka kunci yg terbuat dari drop forged biasanya akan lebih cepat patah dan berkarat.

    ReplyDelete
  3. bisa di las gq chrome vandanium las listrik

    ReplyDelete
  4. Klo bahan sncm+v itu apa gak om belum ada penjelasanya,saya temukan di kunci L EYE-GERMANY.SNCM+V 6MM

    ReplyDelete