Shareaholic

Shareaholic - related post

Tuesday, October 27, 2015

APD - Kacamata Safety Untuk Melindungi Mata



Mata adalah satu dari sekian banyak karunia yang diberikan Tuhan yang sebaiknya, atau seharusnya malah, kita syukuri. Saya tidak sanggup membayangkan jika tidak punya mata. Tidak bisa melihat sepakbola, main game di smartphone, atau bahkan menulis blog ini. Selayaknya karunia ini kita jaga sebaik-baiknya. Dengan menggunakannya di lingkungan yang mendukung kesehatan mata, dan bila perlu memakai pelindung mata saat melakukan pekerjaan yang menimbulkan resiko rusak/cacat pada mata.


Kacamata safety adalah salah satu alat pelindung diri (APD) yang bisa digunakan dalam melakukan berbagai pekerjaan. Fungsi dari penggunaan kacamata safety adalah untuk melindungi organ mata dari berbagai resiko yang timbul akibat pekerjaan yang dilakukan.


Kacamata safety sangat dibutuhkan pada berbagai bidang, seperti bidang produksi (industrial), otomotif (automotive), perbengkelan (workshop), kontraktor (general contractors) maupun perorangan untuk melakukan pekerjaan ringan di rumah. Karena resiko kecelakaan kerja dapat terjadi dimana saja bukan?


Contoh lain dari kegiatan yang dapat menimbulkan kecelakaan pada organ mata misalkan pada kegiatan mengebor tembok untuk memasang bracket televisi, mengamplas furniture di rumah, membersihkan tembok sebelum dicat, dll, dimana semua kegiatan ini mengakibatkan adanya partikel-partikel kecil atau debu yang berbahaya bagi mata. Dari sini dapat kita lihat bahwa penggunaan kacamata safety merupakan hal yang semestinya wajib bagi seluruh jenis pekerjaan.

Agar memenuhi standar yang dibutuhkan, kacamata safety harus memiliki bahan penyusun produk yang kuat, walaupun ini kelihatan seperti kacamata plastik biasa. Ada 3 jenis standar baku yang ditetapkan oleh dunia internasional pada produk kacamata safety, dimana pemberian standar ini harus melewati berbagai pengujian, baik uji material (bahan) penyusun kacamata safety itu sendiri, pengujian ketahanan (durabilitas), hingga pengujian terhadap pengaruh radiasi ringan, baik dari alam (matahari) serta dari paparan alat yang mengeluarkan radiasi (seperti mesin las acytheline, dsb.)



Apa saja standar pengujian yang diterapkan pada Kacamata safety? mari kita bahas lebih detail.



1. Standar CE EN 166.

Adalah standar internasional pada produk kacamata safety yang menyatakan bahwa produk tersebut aman digunakan oleh manusia. Pengujian standar CE EN 166 tertuju pada ketahanan material produk (bahan pembuat produk) dan kesesuaian pada fungsinya untuk meindungi mata dari paparan sinar matahari (UV) 99.9% dan partikel-partikel kecil.

Standar CE EN 166 diterapkan karena penggunaan kacamata safety cenderung pada luar ruangan (outdoor), sehingga dengan adanya standar ini dapat mengurangi efek samping bagi pengguna dari pengaruh aktivitas pekerjaan di luar ruangan.



2.  ANSI Z87.1. 
Adalah standar Amerika yang bekerja sama dengan OSHA, yaitu standar yang mengatur tentang ketahanan kacamata safety berdasarkan pengujian yang pada 2 hal, meliputi: 
  • Uji standar ketahanan material; yaitu dilakukan dengan menjatuhkan bola baja seberat 112 gram dari ketinggian 130 cm. Produk yang sesuai dengan standar tersebut tidak boleh mengalami pecah / keretakan pada bagian yang diuji.
  • Scratch resistance : Adalah ketahanan material kacamata dari goresan akibat material yang terlontar.

Gb. Standar material uji pada kacamata safety.

3. AS/NZS 1337.
Adalah standar Australia yang mengatur tentang kacamata safety yang digunakan pada bidang Industri. Pengujian standar AS/NZS 1337 meliputi pengujian ketahanan material kacamata safety dari partikel yang berterbangan, debu, pantulan material dan gas berbahaya.



Untuk meningkatkan kenyamanan, pada beberapa produk kacamata safety dilengkapi dengan side shield, yaitu penambahan desain dengan bentuk menyamping pada kacamata safety dari bagian depan, side shield berguna untuk melindungi mata dari partikel yang terlontar dari area samping. produk yang dilengkapi dengan side shield umumnya pada jenis Kacamata safety untuk outdoor.


Demikian artikel tentang standar yang wajib diterapkan pada produk kacamata safety. Untuk memastikan, Anda dapat melihat 3 logo/kode yang diatas pada bagian samping kacamata safety atau pada manual book yang didapat dari pembelian produk (opsional). 


Dapatkan produk kacamata safety yang berkualitas hanya di AJBS Home Centre.

1 comment:

  1. kadang2 orang2 suka lupa untuk pakai kacamata safety, padahal ternyata penting banget ya...

    ReplyDelete