Shareaholic

Shareaholic - related post

Wednesday, October 7, 2015

Memilih Pompa Air Untuk Tandon


Tandon air pada saat ini sudah banyak digunakan pada setiap rumah, baik ditempatkan di dalam tanah (ditanam), maupun pada dek atas rumah.
Di Indonesia, penggunaan tandon air banyak ditempatkan pada bagian atas rumah (dek lantai atas) dengan mengambil dari sumber mata air tanah (air sumur) yang dialirkan ke tandon dengan pompa air, kemudian dari tandon baru dialirkan ke rumah melalui saluran pipa air. Cara ini dilakukan untuk menghemat pemakaian daya listrik dan memperpanjang usia pompa.
Dengan menerapkan sistem diatas, pemilihan jenis pompa air harus melalui pertimbangan yang tepat. Hal ini dilakukan agar air dapat dialirkan dengan maksimal tanpa mempengaruhi kinerja / kemampuan pompa air.


Hal utama yang harus diperhatikan dari penerapan sistem tandon atas adalah :
1. Jarak kedalaman antara sumber air dengan pompa air.
2.  Jarak ketinggian antara pompa air dengan tandon air.

Berdasarkan kebutuhan penggunaan pompa air untuk posisi tandon atas, maka pompa air yang cocok untuk digunakan adalah jenis pompa air semi jet, dan pompa air jet / pompa air sumur dalam.

Pompa air semi jet memiliki daya hisap (jarak a.) lebih dari 9 s/d 13 meter, dan daya pancar lebih dari 9 s/d 15 meter, sedangkan khusus pada pompa air jet / pompa sumur dalam, daya hisap pompa berkisar antara 15 – 50 meter dan daya pancar pompa 20 s/d 50 meter (menyesuaikan dengan jenis / tipe pompa jet tersebut).
Berdasarkan perbandingan dari 2 jenis pompa air diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa untuk kebutuhan tandon atas perlu diperhatikan dengan pasti jarak antara pompa dengan tandon.
Pemilihan jenis pompa air, dapat dipertimbangkan dengan catatan :
  • Apabila jarak antara pompa air dengan tandon berkisar 9 s/d 15 meter, dapat menggunakan pompa air jenis semi jet pump.
  • Apabila jarak antara pompa air dengan tandon berkisar 15 – 30 meter, dapat menggunakan pompa air jenis jet pump.
  • Jika kedalaman air sumur / jarak antara permukaan air sumur dengan pompa air berkisar 20 meter, maka wajib menggunakan pompa air jenis jet pump               

Jangan memaksa menggunakan pompa air sumur dangkal untuk mengalirkan air ke tandon dengan ketinggian di atas 9 meter. Selain pengisian tandon menjadi lama (yang berarti boros listrik), hal ini juga menyebabkan pompa menjadi cepat rusak. Tentunya Anda tidak mau aktivitas sehari-hari Anda terhambat karena tidak ada air bukan?
Demikian tips memilih pompa air untuk tandon atas, pilihlah pompa air yang tepat agar daya tahan pompa air menjadi maksimal.

Dapatkan segala jenis pompa air hanya di AJBS Home Center.

AJBS Home Center bisa Anda kunjungi di Kota Surabaya, Semarang, Gresik, dan Sidoarjo.


                                                                                                               
 

No comments:

Post a Comment