Shareaholic

Shareaholic - related post

Thursday, February 25, 2016

Gerinda, Power Tools Dengan Beragam Fungsi

Mesin gerinda pertama kali ditemukan pada tahun 1969, namun proses penggerindaan/pengikisan logam sudah dilakukan oleh manusia sejak tahun 1700 Masehi lampau.
Gb. 1. Mesin gerinda th. 1969
Perbedaannya hanya masih dilakukan secara manual, dengan digerakkan oleh tenaga manusia itu sendiri. Pada perkembangannya, mesin gerinda banyak diciptakan dengan berbagai jenis dan model, menyesuaikan dengan kebutuhan penggunaan produk. Produk mesin gerinda yang beredar secara umum antara lain
- gerinda permukaan (surface grinder), 
- gerinda silinder (A cylindrical grinder), 
- gerinda duduk (bench grinder), 
- gerinda tangan (angle grinder), 
- gerinda botol (hand grinder), serta 
- gerinda yang digunakan tidak untuk logam, seperti dental 
        grinder yang banyak digunakan oleh dokter gigi.

Gb. 2. Mesin Gerinda Permukaan
Fungsi mesin gerinda secara umum adalah untuk mengikis permukaan logam agar menghasilkan bentuk permukaan yang diinginkan, serta digunakan untuk memotong logam. Namun apakah Anda mengetahui bahwa produk ini juga dapat digunakan untuk berbagai macam pekerjaan, misalnya untuk proses menghilangkan karat pada permukaan logam, untuk memotong keramik, untuk mengampelas berbagai permukaan (besi, kayu, tembok), untuk menghaluskan permukaan tembok/cor, untuk mengkilapkan permukaan logam (stainless steel, nickle, chrom), hingga pada tipe mesin gerinda tertentu (dengan jenis gerinda yang sama), dapat digunakan untuk melakukan pemolesan pada cat bodi mobil?
Gb. 3. Pekerjaan yang dapat dilakukan menggunakan mesin gerinda
Cukup dengan menggunakan mata gerinda yang berbeda, Anda bisa melakukan beragam pekerjaan menggunakan mesin gerinda.

Dengan banyaknya pekerjaan yang dapat dilakukan oleh mesin gerinda, membuat produk ini juga layak dimiliki untuk penggunaan pribadi. Faktor lain yang membuat mesin gerinda dapat dimiliki adalah adanya pilihan produk dengan kualitas yang sama namun harga lebih terjangkau, seperti brand yang ditawarkan AJBS yaitu “DCA”, misalnya.


Gb. 4. Aksesoris mesin gerinda
Karena itu, saat customer kami di AJBS setelah membeli mesin bor dan menanyakan : “Apakah saya juga pasti membutuhkan mesin gerinda?”, maka secara langsung petugas kami menjawab dengan kalimat “Iya, Bapak pasti akan membutuhkan produk ini”.

Gb. 5. Pemolesan bodi mobil
Dalam hal perawatan, produk mesin gerinda, juga memiliki perawatan yang mudah. Perawatan cukup dilakukan dengan melakukan penggantian carbon brush setiap 3000 jam pemakaian (sekitar 7 bulan, jika pemakaian setiap hari rata-rata selama 15 jam).
 
Gb. 6. Carbon brush

Dan yang paling penting yang harus diperhatikan dalam penggunaan mesin gerinda, adalah selalu gunakan perlengkapan safety, agar Anda membuat Anda tetap nyaman dalam bekerja.
Demikian sedikit tips dan wawasan mengenai produk mesin gerinda tangan (angle grinder) yang memiliki banyak manfaat penggunaan.

Gb. 7. Perlengkapan safety untuk menggerinda

Dapatkan produk mesin gerinda dengan kualitas terbaik dari merek-merek ternama hanya di AJBS Home Centre.
AJBS Home Centre dapat Anda kunjungi di kota Surabaya, Sidoarjo, Gresik dan Semarang.

No comments:

Post a Comment