Shareaholic

Shareaholic - related post

Monday, October 12, 2015

Mengenal Teknologi Pada Kunci L (Hexagonal Keys)

Kunci L adalah produk yang banyak digunakan pada kebutuhan teknik, dengan fungsi utama yang digunakan untuk instalasi baut l (socket cap screw). Pada produk Kunci L, juga diciptakan dengan standar khusus pada setiap bahan dan bentuknya.

Seperti apakah standar teknologi yang diterapkan pada produk Kunci L? Berikut kita akan bahas.

     1. S2 Materials.

S2 Materials adalah jenis bahan logam yang digunakan sebagai bahan standar untuk Kunci L (Hexagonal keys). Material jenis logam S2, merupakan pengembangan dari material Chrome Vanadium yang telah dihilangkan kadar karbonnya, sehingga memiliki karakteristik sifat baru yaitu lebih fleksibel atau “lentur”.
Tujuan dari pengembangan dan penggunaan material S2 ini dikarenakan kebutuhan karakteristik material logam untuk produk Kunci L  yang harus kuat, tetapi memiliki sifat fleksibel / lentur. Dari karakteristik bahan material yang seperti ini dapat sedikit memberikan gaya sentrifugal ketika digunakan, sehingga proses pemasangan dan pelepasan baut L menjadi lebih mudah dan cepat. Jadi ketika Anda mendapati bahwa kunci L yang Anda gunakan sedikit melentur, jangan kuatir, itu adalah hal yang wajar dan sama sekali tidak mengurangi kekuatan kunci L.

     2. Standard & Ballpoint tip.

Pada produk Kunci L, desain produk yang diciptakan memiliki bentuk model yang beragam, yaitu “standard design” dan “Ballpoint tip design”. Standard design adalah desain yang paling banyak digunakan pada produk Kunci L, produk ini disebut dengna standard design karena pada ujung (tip) pada produk Kunci L berbentuk segi 6, sama dengan ukuran dari kunci tersebut.
Gb. Ballpoint tip hex keys application.

Sedangkan “Ballpoint tip” adalah desain dengan bentuk melingkar yang diterapkan pada salah satu ujung kunci tersebut. Keunggulan dari penerapan bentuk ini untuk menciptakan fleksibilitas dalam penggunaan produk Kunci L, sehingga posisi Kunci L tidak harus dalam kondisi lurus saat produk tersebut digunakan.



     3. “Shape model”.
Produk Kunci L diciptakan menjadi 2 jenis, berdasarkan model ujung mata Kunci L tersebut. Jenis pertama yaitu model Hexagonal shape, atau biasa disebut dengan Kunci L standar. produk dengan model ini memiliki ciri-ciri utama yaitu ujung permukaan yang berbentuk segi 6 (enam).
Sedangkan untuk satuan (units) yang digunakan pada produk Hexagonal keys adalah “Metric” yang menggunakan satuan {mm), dan “Whitworth”, yang menggunakan satuan (inchi).

Gb. Hex keys shape & Torx. keys shape.
Sedangkan jenis kedua, adalah Kunci L torx, atau biasa kita sebut dengan Kunci L bintang. Perbedaan utama pada bentuk model Kunci L ini yaitu ujung permukaan yang berbentuk bintang dengan 6 sisi.
Gb. Torx. keys application.
Tujuan dari diciptakannya bentuk ini tentunya untuk pemassangan baut L dengan jenis Star socket screw / torx. Socket screw (Baut L bintang).

Demikian sedikit pengetahuan mengenai teknologi yang diterapkan pada produk Kunci L, perbedaan bahan dan warna pada produk lain yang beredar di pasaran merupakan penyesuaikan dari standar masing-masing merek produk.


Dapatkan produk Kunci L berkualitas hanya di AJBS Home Centre.

AJBS Home Centre bisa Anda kunjungi di Kota Surabaya, Semarang, Gresik, dan Sidoarjo.



3 comments: