Shareaholic

Shareaholic - related post

Thursday, October 8, 2015

Merawat Alat Pemadam Api Ringan (APAR)


APAR  atau alat pemadam api ringan sekarang ini sudah banyak menjadi perlengkapan standar yang dimiliki oleh setiap area yang berpotensi menimbulkan terjadinya kebakaran, baik area indor maupun outdoor. Penggunaan APAR sekarang tidak hanya pada area komersial saja, tetapi mencakup pada area tempat tinggal juga (rumah).



Terjadinya kebakaran merupakan hal yang tidak bisa diprediksi, kebakaran dapat timbul dari berbagai macam penyebab, baik dari korsleting listrik, terbakarnya benda padat / cair yang memiliki sifat mudah terbakar, serta dapat berasal dari menjalarnya api akibat kebakaran dari tempat lain.

Dari contoh diatas, dapat kita tarik kesimpulan betapa pentingnya adanya APAR ini.



Di artikel-artikel sebelumnya kita telah mempelajari jenis-jenis bahan pemadam pada APAR serta klasifikasi api kebakaran. Disini kita akan membahas tentang perawatan Alat Pemadam Kebakaran Ringan (APAR)



Selain ketersediaan APAR, perawatan pada APAR juga tidak kalah pentingnya. Hal ini harus dilakukan agar APAR selalu tetap dalam kondisi prima, sehingga ketika sewaktu-waktu digunakan dapat bekerja dengan maksimal.


Berikut penjelasan mengenai perawatan yang harus dilakukan pada APAR :

1. Cek kondisi fisik APAR secara langsung, apakah terdapat kebocoran atau tidak. Indikasi APAR yang mengalami kebocoran dapat dilihat dengan menurunnya jarum indikator tekanan udara pada pressure gauge (jarum indikator tekanan) yang terdapat pada bagian atas pada tabung APAR.
Selain itu, lakukan pengecekan juga pada bagian-bagian APAR lainnya, seperti kondisi selang, dan kondisi tuas trigger.


2. Cek segel (pin pengunci) APAR yang terdapat pada dekat posisi tuas, pastikan segel (alat pengunci) dalam kondisi baik.
 



3. Bersihkan tabung APAR secara rutin, agar terhindar dari debu dan kotoran lain sehingga tidak menyebabkan tabung APAR menjadi berkarat.









4. Kocok isi  tabung APAR setiap 3 hari sekali dengan cara membolak-balikkan APAR dengan tangan beberapa kali agar isi pada APAR tersebut tidak mengalami pengerasan. Cara ini harus dilakukan untuk APAR dengan bahan isi Dry chemical.



5. Cek masa berlaku APAR, pastikan masih dalam masa berlaku. Segera lakukan pengisian ulang 1 minggu sebelum habis masa berlakunya agar APAR dapat digunakan sewaktu-waktu ketika dibutuhkan tanpa harus mengalami resiko menggunakan APAR yang sudah melewati masa berlakunya.

6. Simpan APAR pada tempat khusus (kotak tabung pemadam), agar APAR terhindar dari sinar matahari dan air hujan secara langsung (khusus penyimpanan pada luar ruangan).

Perawatan APAR yang baik sesuai standar akan memberikan hasil yang maksimal pada fungsi APAR tersebut ketika digunakan.


Dapatkan produk APAR hanya di AJBS Home Centre.





3 comments:

  1. PT. Amare Aqila Indonesia adalah perusahaan yang memfokuskan pada bisnis penyediaan produk perlindungan terhadap kebakaran diantaranya yaitu Alat Pemadam Api Ringan (APAR), Alat Pemadam Api Besar (APAB) Fire Supression System, Hydrant, Total Flooding dengan kantor yang berlokasi di Tangerang Selatan, Indonesia.
    alat pemadam kebakaran

    ReplyDelete
  2. apa yg terjadi saat itu lokasi kebakaran .
    yah kasian klo habis hangus semua.
    maka dari itu pake apar ya gan . ini saya kasih referensi nih .
    www.tabung-pemadam.com

    ReplyDelete
  3. apa yg terjadi saat itu lokasi kebakaran .
    yah kasian klo habis hangus semua.
    maka dari itu pake apar ya gan . ini saya kasih referensi nih .
    www.tabung-pemadam.com
    hubungi segera
    082140010901

    ReplyDelete