Shareaholic

Shareaholic - related post

Thursday, December 17, 2015

Membangun Lantai Menggunakan Semen Instan


“Harga semen instan untuk perekat keramik memang lebih mahal dari semen konvensional. Namun biaya yang dikeluarkan untuk pengerjaan instalasi keramik akan jauh lebih murah, karena tidak membutuhkan bahan yang banyak serta proses dan waktu pengerjaan yang menjadi jauh lebih singkat. Dan pastinya kualitas yang didapatkan jauh lebih baik”

Kalimat di atas adalah review dari salah satu pelanggan AJBS yang menggunakan produk semen instan untuk memasang keramik. Pelanggan ini faktanya juga menggunakan semen instan pada hampir seluruh bangunan rumahnya.

Bukankah harga semen instan lebih mahal daripada harga semen biasa? Dugaan Anda tidak salah. Tapi dalam sebuah proses konstruksi, unsur waktu adalah satu hal yang tidak bisa diabaikan begitu saja selain unsur teknis yang lain. Semakin lama waktu yang dibutuhkan dalam proses membangun rumah, maka semakin banyak biaya yang harus Anda keluarkan, realitanya seperti itu. "Lha wong harusnya tiga bulan sudah selesai lha kok ini molor dua minggu masih belum selesai juga. Keluar uang lagi, ribet lagi, pusing lagi".

Langkah pelanggan diatas untuk menyingkat waktu pemasangan keramik, yang berarti mempersingkat waktu konstruksi, bisa Anda tiru.

Sebelumnya Anda harus memahami bahwa semen instan untuk lantai diciptakan berdasarkan jenis bahan yang direkatkan, antara lain:

   1. Perekat keramik
        Untuk pemasangan keramik lantai atau dinding dengan media dasar berupa beton.

    2. Perekat keramik area terendam
        Untuk pemasangan keramik pada area berair, seperti kolam renang, kolam, bak mandi, 
        kamar mandi, dsb.
    3. Perekat keramik diatas keramik
        Untuk pemasangan keramik secara langsung diatas media keramik (keramik lama).

    4. Perekat granit
        Untuk pemasangan granit agar memiliki hasil yang lebih kuat.

   5. Perekat marmer dan mozaik
       Untuk pemasangan marmer dan mozaik untuk hasil yang lebih indah dan kuat.

   6. Perekat keramik serbaguna
       Untuk pemasangan keramik diatas berbagai permukaan, seperti kayu, granit, kaca, plat 
       baja, gypsum dsb.

   7. Perekat keramik homogeneous. 
       Untuk pemasangan jenis keramik homogeneous, batu alam pada dinding dan lantai, 
       dengan keunggulan produk yang cepat kering dan mampu berhomogen dengan bahan 
       material.

Kenapa harus menggunakan semen instan yang berbeda untuk fungsi yang berbeda pula? Hal ini disebabkan karena setiap bahan material memerlukan fungsi khusus pada proses konstruksi, serta menyesuaikan penggunaannya. Jadi, sebagus apapun suatu bahan jika Anda tidak bisa menggunakannya pada waktu dan kondisi yang tepat akan menjadi sia-sia bukan?

Apa saja keunggulan penggunaan semen instan untuk merekatkan keramik?

-    - Waktu pengerjaan lebih singkat.
Dengan menggunakan semen instan perekat keramik, waktu pengerjaan untuk instalasi keramik akan lebih cepat, karena tidak terbuang untuk proses pencampuran adonan semen, membongkar keramik lama, dan mempersiapkan area yang akan dipasang keramik (biasanya dibuatkan coakan kecil pada area).

      - Hemat bahan.
Berbeda dengan menggunakan adonan semen-pasir pada umumnya, penggunaan semen perekat keramik tidak menghabiskan adonan yang banyak / tebal. Adonan semen instan yang dibutuhkan untuk pemasangan keramik cukup membutuhkan ketebalan yang diatur menggunakan trowel gerigi sehingga adonan yang dipakai lebih sedikit daripada adonan dari semen-pasir biasa.

- Lebih kuat dan tahan lama
Dengan kelebihan yang dimiliki semen instan membuat daya rekat keramik menjadi lebih kuat. Keramik tidak mudah mengalami popping dan pecah karena disebabkan oleh perekat keramik yang rusak / pengaruh lingkungan akibat menggunakan campuran adonan semen-pasir.

- Hemat pengeluaran.
Dengan segala kelebihan seperti yang sudah dijelaskan diatas, membuat penggunaan semen perekat keramik jadi lebih hemat karena dengan adanya lantai yang kuat, maka tidak perlu lagi biaya untuk perbaikan lantai bangunan lantai rumah anda, serta tentu biaya yang dikeluarkan untuk instalasi lantai rumah jadi lebih hemat pastinya.

Begitulah manfaat yang didapatkan menggunakan semen instan untuk merekatkan keramik. Semoga bisa menambah wawasan dan menjadi bahan pertimbangan Anda dalam menentukan produk.

Dapatkan produk semen instan dari merek terbaik hanya di AJBS Home Centre



No comments:

Post a Comment