Shareaholic

Shareaholic - related post

Sunday, December 13, 2015

Tips Perawatan Mobil Saat Musim Hujan


Musim hujan merupakan musim dimana Anda harus melakukan perawatan ekstra pada mobil Anda.
Perawatan ini dilakukan untuk menjaga kondisi tampilan mobil agar tetap terlindungi ketika musim hujan, selain itu tentunya agar mobil bisa tidak cepat rusak. Perlu diketahui bahwa air hujan mengandung garam yang dapat merusak permukaan cat mobil, bila didiamkan terlalu lama dapat membuat permukaan mobil berkarat dan kusam, dan dalam jangka panjang menyebabkan cat mengelupas, cukup berbahaya bukan? Berbahaya bagi kantong Anda.
Namun Anda tidak perlu khawatir, pada artikel ini kita akan membahas mengenai produk-produk yang digunakan untuk perawatan mobil saat memasuki musim hujan. Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan untuk perawatan mobil pada saat musim hujan, simak langkah berikut :

1. Pencucian
Tahukan Anda, bahwa proses pencucian memberikan pengaruh besar pada kerusakan cat mobil, ini adalah hal nyata yang tidak banyak diketahui oleh semua pemilik mobil. Pada proses pencucian, kotoran yang menempel pada bodi mobil mengandung butiran pasir yang menyebabkan timbulnya goresan-goresan halus pada cat mobil tersebut. Oleh sebab itu perhatikan proses pembilasan pertama kali saat mencuci mobil, pastikan kotoran-kotoran pada mobil sudah terangkat/hilang, baru selanjutnya dapat dilanjutkan dengan proses pencucian dengan menggunakan shampoo mobil.

Selain poin diatas, perhatikan juga jenis shampoo mobil yang digunakan. Produk shampoo yang baik memiliki kadar Ph yang seimbang, sehingga tidak menyebabkan cat menjadi kering/timbul bercak-bercak. Produk shampoo mobil yang baik juga mengandung wax.
Tahap selanjutnya setelah mobil selesai dicuci, yaitu proses pengeringan, pastikan pada proses ini lap chamois yang Anda gunakan bebas dari kandungan shampoo dan kotoran, agar menghasilkan kering sempurna dan tidak menimbulkan goresan pada cat.

2. Waxing
Setelah melalui proses pencucian, proses selanjutnya adalah waxing, proses waxing bertujuan untuk memberikan lapisan pada bodi dan cat kendaraan agar terlindung dari asam yang beresiko menimbulkan karat akibat terkena air hujan. Pemilihan produk wax tentunya menyesuaikan dengan jenis warna cat mobil tersebut, sedangkan untuk produk wax yang berkualitas baik mampu melindungi hingga 3 bulan pada cat mobil Anda.

Proses menghilangkan scratch juga dapat dilakukan setelah pencucian, namun ini bukan disebut dengan waxing. Proses tersebut menggunakan produk Anti scratch, dimana digunakan sebelum proses waxing.


3. Perawatan Windshield
Noda Watermark
Windshield merupakan bagian yang tidak kalah penting untuk diperhatikan. Air hujan yang mengering dapat menimbulkan timbulnya bercak-bercak pada windshield, atau biasa disebut dengan watermark, jika ini dibiarkan, dapat merusak kaca mobil dan membuat pandangan dalam berkendara menjadi terganggu. Langkah untuk perawatan tersebut adalah dengan menggunakan windshield cleaner untuk mencegah timbulnya jamur pada kaca windshield mobil Anda, selain itu produk tersebut juga dapat membuat air hujan tidak menempel ketika berkendara disaat hujan.

4. Perawatan karet-karet pada mobil
Selain mengakibatkan korosi, air hujan yang mengandung kadar asam tinggi juga dapat menyebabkan bahan-bahan karet yang terdapat pada mobil menjadi kaku dan berkurang elastisitasnya. Bagian-bagian yang terdapat bahan karet ini terdapat pada wiper, pintu mobil, sisi-sisi kaca mobil, dan bagian-bagian lain pada eksterior mobil.

Perawatan yang dilakukan adalah dengan menggunakan silicon protectant agar elastisitas karet pada part tersebut tetap terjaga. Produk ini tidak hanya digunakan pada musim hujan saja, pada musim kemarau-pun tetap dibutuhkan untuk mencegah karet menjadi keras dan getas tentunya. Selain untuk menjaga elastisitas karet, silicon protectant juga mampu melindungi pada bagian konektor (skun) kabel listrik mobil, serta pada kepala kutub aki, agar tidak timbul kerak akibat proses polarisasi.

5. Perawatan ban
Cek ketebalan pattern dengan Tire wear depth



Kotoran yang menempel pada ban mobil, menyebabkan ban menjadi kusam. Penggunaan semir ban/tire wax dapat meningkatkan tampilan ban mobil Anda dan mencegah kotoran menempel disaat musim hujan. Selain itu, perhatikan kondisi ban Anda ketika memasuki musim hujan, ban dengan kondisi tekanan angin dan pattern yang kurang baik, menyebabkan handling mobil menjadi terganggu dan dapat menyebabkan kecelakaan.

6. Pencegahan
Selain perawatan, pencegahan juga perlu diperhatikan untuk mencegah kerusakan yang timbul pada mobil Anda. Pencegahan ini justru bisa dikatakan sebagai hal yang penting karena dapat memberikan perlindungan jangka panjang terhadap mobil Anda.

Penggunaan Rubberized undercoat
Produk-produk yang dapat digunakan sebagai pencegahan karat pada mobil salah satunya adalah “Rubberized undercoat”, yang berfungsi melindungi bagian kolong ban mobil agar air tidak terkena langsung pada bagian tersebut, sehingga kita tidak perlu khawatir akan timbulnya karat. Produk ini juga dapat digunakan pada bagian lain yang memerlukan ketahanan dari karat.


Selain itu, pencegahan lain yang dapat dilakukan agar performa mobil tetap terjaga yaitu dengan melakukan servis secara berkala pada bengkel resmi kendaraan Anda.

Dapatkan produk-produk berkualitas dari merek-merek terbaik untuk perawatan mobil Anda hanya di AJBS Home Centre.

Petugas kami akan selalu siap membantu Anda!


No comments:

Post a Comment