Shareaholic

Shareaholic - related post

Tuesday, December 29, 2015

Terrarium, Taman Buatan Eksotis Dalam Ukuran Mini





Image result for terrarium
Bagaimana bayangan Anda tentang taman? Sebuah tempat luas yang penuh dengan bunga-bunga bermekaran, halaman dari rumput hijau, jalan setapak dari bebatuan yang tertata rapi, kolam penuh ikan hias yang berenang kesana kemari, dan ada air mancur di tengah-tengahnya? Setidaknya itulah bayangan saya di masa kecil tentang taman. Dan saya membayangkan kelak ketika dewasa dan mempunyai rumah sendiri, saya akan membangun taman di dalam rumah seperti yang saya bayangkan sewaktu kecil dulu.


Tapi ternyata kenyataan tidak seindah bayangan, setidaknya belum (kata motivator jangan pernah menyerahkan harapan :D ). Tinggal di kota besar membenturkan saya dengan kenyataan bahwa rumah dengan halaman yang luas harganya sungguh di luar nalar sehat. Keinginan untuk membangun taman impian semasa kecil pun akhirnya harus menyesuaikan juga. Tidak ada rotan, akar pun jadi. Begitulah kata pepatah. Tidak ada taman yang luas, terrarium pun jadi.

Terrarium? 

Terrarium adalah media atau wadah yang terbuat dari kaca atau plastik transparan yang berisi tanaman didalamnya. Tanaman tersebut sengaja ditanam pada wadah/tempat transparan dengan tujuan untuk menciptakan ekologi buatan (taman buatan).

Image result for wardian caseTahukah Anda jika terrarium terbentuk karena kelalaian seorang botanis? Adalah Nataniel Bagshaw Ward, seorang botanis asal Inggris yang sedang menyelidiki perilaku serangga, secara tak sengaja dia mengabaikan salah satu toples berisi serangga yang akan dia teliti. Beberapa spora muncul di dalam toples tersebut dan tumbuh menjadi tanaman, lahirlah terrarium. Trend membuat terrarium (saat itu lebih dikenal sebagai Wardian Case) kemudian menyebar cepat di masyarakat Inggris di Era Victoria.

Terrarium memiliki beragam jenis seiring dengan perkembangan jaman, jenis-jenisnya menyesuaikan dengan konsep ekologi yang akan dibuat. Jenis-jenis ekologi terrarium yang sudah ada saat ini antara lain :

1.  Terrarium ekosistem gurun pasir

2.    Terrarium ekosistem terestrial

3.    Terrarium ekosistem tropis

4.    Terrarium dengan fauna (hewan)


Untuk membuat terrarium di rumah, sebenarnya tidak terlalu sulit. Sebagai langkah awal, Anda dapat mempersiapkan beberapa media tanam maupun material untuk dekorasi. Beberapa media yang diperlukan antara lain:

  • Pasir zeolit.
  • Tanah humus.
  • Spagnum moss (lumut kering untuk media tanam).
  • Arang (carbon active).
  • Bebatuan dan pasir.
Selain itu perlu diperhatikan juga hal-hal penting lain yang dapat mempengaruhi keberhasilan dan keindahan dalam pembuatan terrarium, antara lain :

1.    Tentukan jenis tanaman yang akan digunakan.
Tanaman merupakan komponen utama dalam pembuatan terrarium, pemilihan jenis tanaman yang tepat merupakan hal yang harus diperhatikan secara cermat, agar tanaman dapat tetap hidup/bertahan lama. Gunakan jenis tanaman yang tidak membutuhkan banyak sinar matahari, serta tanaman yang ukurannya akan tetap kecil. Tanaman yang banyak digunakan yaitu jenis paku-pakuan, kaktus, lidah mertua, jenis tanaman suklulen dan bromelia.

Image result for jenis tanaman yang dipakai terarium
(gb. Jenis-jenis tanaman yang banyak digunakan dalam terrarium)


2.    Perhatikan lokasi penyimpanan terrarium.
Dalam penyimpanan terrarium di rumah, lokasi penempatan juga harus diperhatikan agar tanaman yang berada di dalam terrarium dapat bertahan hidup lama. Pastikan tanaman mendapat cahaya yang cukup serta suhu yang sesuai, dan hindarkan penempatan secara langsung diatas furniture, karena dapat menimbulkan kerusakan pada furniture tersebut.

3.    Perawatan rutin
Perawatan pada terrarium menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan agar terrarium tetap indah. Perawatan yang biasa dilakukan pada terrarium meliputi penyiraman tanaman dan pemotongan bagian pada tanaman yang mengalami layu agar tanaman tetap tampak segar dan indah.

Demikian sedikit pengetahuan mengenai terrarium. Taman super mini pengganti taman besar impian saya (mungkin juga impian Anda juga). Akar pengganti rotan ini juga tak kalah indah bukan? Semoga artikel ini dapat memberikan ide dan menjawab keinginan Anda dalam menciptakan taman di rumah Anda.

Berikut adalah beragam terrarium yang saya yakin akan menarik perhatian Anda.

Image result for terrarium 

Image result for terrarium 
Image result for terrarium 
Image result for terrarium 
Image result for terrarium


Dapatkan produk terrarium dengan berbagai pilihan jenis tanaman yang menarik hanya di AJBS Home Centre.


No comments:

Post a Comment