Shareaholic

Shareaholic - related post

Wednesday, December 9, 2015

Pahami Karakter Warna Untuk Cat Rumah Anda

Seberapa pentingkah warna? Bagi saya yang tumbuh di era televisi hitam putih, warna itu sangat penting. Setidaknya saya akan bisa membedakan mana Persebaya dan mana Persib Bandung. Soalnya di layar televisi hitam putih, warna kostum kedua kesebelasan itu tampak mirip, gelap semua.

Apakah warna cuma penting untuk membedakan kostum klub sepakbola? Bukan cuma itu, perlu Anda ketahui bahwa warna  memiliki efek psikologis. Warna mempunyai kemampuan menciptakan impresi, mampu menimbulkan efek-efek tertentu. Efeknya berpengaruh terhadap pikiran, emosi, tubuh, dan keseimbangan. Secara psikologis, warna dapat mempengaruhi kelakuan. Sebagaimana diuraikan oleh J. Linschoten dan Drs. Mansyur tentang warna, warna memegang peranan penting dalam penilaian estetis dan turut menentukan suka tidaknya kita akan bermacam-macam benda.

Lalu bagaimana penerapan warna pada ruangan? Pernahkah Anda merasa tenang berada di suatu ruang tertentu? Sebaliknya, pernahkan Anda merasa jenuh atau perasaan tak menentu, gelisah  saat berada di suatu ruangan?

Suatu restoran akan terlihat menarik jika diberikan warna merah, itu akan membuat fisik bangunan mudah dilihat oleh orang lain, namun tanpa disadari pula bahwa orang akan lebih semangat dalam menyantap makanan apabila melihat warna merah, inilah yang disebut dengan pengaruh psikis. Di sisi lain, warna juga memberikan pengaruh pada budaya, seperti contoh warna hitam yang dipakai di Eropa untuk acara kematian sedangkan pada budaya China justru warna putih yang dipilih.

Demikian pula pada rumah, selain berpengaruh pada desain, warna juga memberikan pengaruh terhadap karakter bangunan yang secara tidak langsung berdampak pada emosi, psikologi dan kenyamanan pada bangunan rumah itu sendiri.  Pemilihan warna yang tepat selain dapat membuat rumah menjadi lebih indah dilihat, juga dapat memberikan efek pengaruh yang baik dan sesuai untuk penghuninya, sehingga suasana di rumah akan terasa lebih nyaman, tenang, dan tentunya mampu membuat penghuni rumah dapat betah dan nyaman untuk tinggal di rumah.

Nah, Sebelum menentukan pilihan warna, Anda sebaiknya perlu memahami karakter dari jenis-jenis warna agar sesuai dengan kepribadian Anda dan tentunya dapat memberikan pengaruh positif bagi rumah yang Anda tempati nantinya.

Berikut adalah karakter-karakter dari warna dasar yang banyak digunakan pada warna cat rumah.

1.      Merah
Warna merah menggambarkan energi, semangat, dan aktif. Tetapi sebaiknya jangan menggunakan warna ini terlalu banyak pada bagian dalam rumah karena dapat menimbulkaan amarah dan ambisi negatif.





 2. Kuning
Warna kuning identik dengan warna matahari, dimana warna ini memberikan energi baik dan semangat. Warna kuning juga dapat menandakan kemakmuran dan kemewahan. Namun jika terlalu banyak menggunakan warna kuning pada rumah dapat menyebabkan kebosanan. Oleh sebab itu warna ini kurang cocok untuk diterapkan pada kamar tidur.

 3. Oranye
Penggunaan warna oranye dapat memberikan kesan hangat dan ceria/ bahagia dan lucu pada rumah Anda. Warna ini dapat memaksimalkan energi bagi yang melihat, serta membangkitkan semangat.  Penggunaan warna orange biasanya digunakan pada ruang keluarga dan untuk area dapur.

 4. Biru
Warna biru dapat memberikan efek ketenangan, kesunyian, kenyamanan, dan kedamaian. Namun warna ini juga dapat menyebabkan kesan lesu bagi yang melihat jika diaplikasikan terlalu banyak. Untuk itu penerapan warna biru, terutama biru muda banyak diaplikasikan untuk kamar tidur.


      5. Hijau
Warna hijau selalu diidentikkan dengan warna alam, dimana mampu memberikan suasana teduh, santai, rileks, alami, menyejukkan, menyegarkan, dan menenangkan. Penggunaan warna hijau juga banyak diaplikasikan pada kamar tidur.


 6. Coklat
Warna coklat mampu memberikan suasana hangat, nyaman, alami, dan memberikan kesan elegan bagi rumah Anda. Penggunaan warna coklat ini dapat diaplikasikan pada ruang tamu atau ruang keluarga agar membuat ruang tersebut menjadi lebih hidup. Namun penggunaan warna coklat  bisa menimbulkan kesan polos dan kesan sepi pada ruangan, salah satu cara untuk menghindari hal ini adalah dengan menggunakan barang-barang aksesoris atau pernak pernik untuk menghias ruangan.

 7. Ungu
Warna ungu mampu memberikan kesan yang romantis, mewah, juga elegan pada ruangan. Selain itu, warna ungu juga dapat memberikan kesan impresif dan bersifat spiritual, sehingga warna ini biasanya diterapkan pada ruang tamu dan ruang keluarga. Jangan gunakan warna ini untuk dapur.


8. Warna Netral (Putih, dan Abu-abu).
Warna netral banyak digunakan untuk pengecatan rumah, karena memang cocok diterapkan untuk area apapun, serta mudah dikombinasikan dengan warna lain. Warna netral tidak menunjukkan kepribadian pemilik rumah tersebut, namun hanya menggambarkan karakter dari warna itu sendiri, seperti putih yang berarti suci, kebersihan, steril, dan kemurnian. Contoh warna lain yang termasuk warna netral adalah abu-abu dan krem.

Demikianlah ulasan mengenai karakter-karakter yang dimiliki pada warna. Pilihlah warna dengan tepat, dengan begitu Anda dapat menghadirkan sepenggal surga di dalam rumah Anda.

Daparkan produk cat dengan kualitas dan warna terbaik untuk Anda, hanya di AJBS Home Centre.

AJBS Home Centre bisa Anda kunjungi di Kota Surabaya, Gresik, Sidoarjo, dan Semarang. 


No comments:

Post a Comment