Shareaholic

Shareaholic - related post

Tuesday, December 22, 2015

Mengenal Semen Instan dan Jenisnya


Kecuali Anda tinggal di gua selama dua puluh delapan tahun dan tidak berinteraksi dengan dunia luar, Anda pasti mengenal kopi instan. Kopi yang cukup ditambahkan air panas sebelum siap diminum. Tapi apakah Anda tahu semen instan? Atau apakah Anda mengenal mortar? Apakah semen instan sama seperti kopi instan, cukup ditambahkan air sebelum diaplikasikan?

Semen instan memang tidak asing bagi orang-orang yang berkecimpung di bidang bangunan seperti developer, kontraktor bangunan, tukang bangunan dan penjual bahan-bahan bangunan. Penggunaan semen instan saat ini banyak digunakan pada bangunan-bangunan modern karena dipercaya mampu menghasilkan kekuatan dan ketahanan bangunan yang lebih baik daripada adonan perekat dari semen konvensional, dalam waktu yang lebih singkat. Bukan berarti bahwa semen konvensional memiliki kualitas tidak baik, hanya saja ada yang lebih baik dari itu.

Semen instan, atau biasa disebut dengan “Mortar” adalah bahan bangunan berbahan dasar semen yang digunakan sebagai perekat untuk membuat struktur bangunan. Secara teknis, semen instan terbuat dari komposisi bahan antara lain :
  1. Semen PC1. 
  2. Premium filler (bahan pengisi), 
  3. Pasir khusus, dan 
  4. Aditif (bahan tambahan).
Komposisi bahan tersebut, dicampur secara homogen dengan komposisi tepat dan diproses menggunakan teknologi Jerman, hingga menghasilkan produk semen instan yang siap digunakan. Dari bahan-bahan yang digunakan, ini tentu menghasilkan keunggulan pada penggunaan semen instan, antara lain : 
  1. Waktu pengerjaan produk jadi lebih cepat, karena produk dapat langsung digunakan setelah dicampur dengan air.
  2. Lebih hemat, karena produk tidak memerlukan campuran bahan lain, seperti pasir dan kapur yang harus dibeli terlebih dahulu. 
  3. Daya rekat produk tinggi, karena produk dibuat dari bahan khusus sehingga meningkatkan kemampuan produk. 
  4. Tidak menimbulkan retak rambut, hal ini disebabkan karena bahan semen instan berkualitas baik, sehingga tahan terhadap segala pengaruh yang menyebabkan kerusakan tembok. 
  5. Hasil yang lebih rapi, karena produk semen instan memiliki tekstur bahan yang sama, sehingga menghasilkan pemasangan yang rapi, berbeda dengan adonan dari semen konvensional.

Pada pengembangannya, semen instan/mortar diciptakan dalam berbagai jenis, menyesuaikan dengan kebutuhan pada proses pembangunan yang dilakukan. Pengembangan dari jenis-jenis semen instan yang telah diciptakan, antara lain:
      1. Perekat bata ringan
      2. Plester tembok
      3. Plester acian tembok
      4. Perekat keramik
      5. Pengisi celah/nat keramik
      6. Perekat batu alam, dan
      7. Pelapis kedap air/pelindung rembesan air

Dengan banyaknya jenis produk semen instan, membuat waktu pembuatan bangunan sekarang ini menjadi jauh lebih cepat dari sebelumnya, ditambah lagi dengan adanya produk Bata ringan dan Panel lantai, membuat waktu pembuatan unit bangunan baru menjadi lebih singkat lagi tentunya.

Inilah perkembangan teknologi yang dapat kita rasakan sekarang, inilah produk terbaik untuk solusi dalam membangun sebuah bangunan baru yang berkualitas tinggi. Jangan ragu lagi untuk menggunakan semen instan.

Dapatkan produk-produk semen instan dari merek-merek terbaik hanya di AJBS Home Centre.




n.b : Jadi jawaban pertanyaan untuk "Apakah semen instan seperti kopi instan? Tinggal ditambahkan air sebelum diaplikasikan?", jawabannya adalah iya.

 

No comments:

Post a Comment