Shareaholic

Shareaholic - related post

Monday, October 26, 2015

Genset Yang Semakin Mudah Digunakan



Bagaimana bayangan Anda tentang genset? Berisik, boros, dan sulit dioperasikan? Itu dulu.
Seiring perkembangan teknologi, genset dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan dengan tujuan utama untuk memudahkan manusia dalam mengoperasikannya. Hal ini seiring dengan penggunaan genset yang tidak terbatas untuk industri ataupun jasa (penyewaan genset untuk hajatan misalnya), tapi juga untuk rumah tangga. Bayangkan jika Anda menggunakan genset sebagai sumber listrik darurat di rumah, dan Anda tidak bisa tidur karena suara genset yang berisik, tidak nyaman bukan.


Seperti apa saja fitur-fitur yang dikembangkan pada produk genset? Yuk simak uraian berikut:



    a. Engine starter switch.

Fitur engine starter digunakan untuk menghidupkan mesin genset. Seperti pada motor/mobil, penggunaan starter terhubung dengan aki (accu), sehingga pengguna tidak perlu memutar mesin secara manual dengan tangan.


     b. Ampere & Volt indicator.

Fitur ini berfungsi untuk memantau output dari voltase yang dikeluarkan oleh genset, dan penggunaan daya pada alat yang diambil langsung dari genset.


    c. Low oil protection, Low fuel & temperature indicator.

Sebenarnya hal ini bukan menjadi fitur standar, hanya pada beberapa merk menerapkan fitur ini pada produknya untuk memudahkan pengguna dalam memantau kondisi oli serta level bahan bakar yang ada. Low oil protection akan bekerja mematikan mesin/memberikan indikator berupa suara (buzzer) apabila level oli di dalam mesin dibawah yang direkomendasikan, sama halnya dengan fungsi Low fuel & temperature indicator.


    d. AVR (Automatic Voltage Regulator).

AVR sebenarnya merupakan nama perangkat yang diinstal pada alternator genset, perangkat ini berfungsi sebagai penyetabil tegangan dan daya yang dikeluarkan oleh alternator. Hasil dari penggunaan AVR adalah output listrik yang sangat stabil, baik pada Volt dan ampere pada keluaran daya listriknya.
AVR merupakan teknologi yang cukup baru untuk diterapkan, pada generasi sebelumnya, produk genset masih menggunakan regulator sederhana, sehingga output voltase yang dikeluarkan kurang stabil.


    e. Remote system.





Beberapa tipe genset sudah menerapkan teknologi remote yang digunakan untuk menghidupkan mesin. Dengan adanya teknologi ini, pengguna tidak perlu bersusah-susah untuk mendekat ke genset, cukup dengan menekan remot dalam radius tertentu untuk menghidupkan mesin genset.

Selain fitur-fitur diatas, perangkat tambahan yang biasa digunakan bersama produk genset adalah ATS & AMF (Automatic transfer switch & Automatic main failure). Fungsi dari perangkat ini adalah menghidupkan mesin genset secara otomatis serta memindahkan supplai daya secara otomatis pula dari sebelumnya yang melalui PLN beralih ke genset apabila ketika terjadi pemadaman listrik dari PLN.


Tujuan dari instalasi perangkat ini agar pengguna tidak perlu menghidupkan mesin genset secara manual ketika terjadi pemadaman listrik dari PLN, serta menghindarkan dari resiko kerusakan pada perangkat yang membutuhkan supplai listrik tetap di rumah. Penggunaan ATS dan AMF cukup penting karena Anda tidak selalu berada dirumah saat terjadi pemadaman listrik dari PLN.



Demikian sedikit informasi tentang fitur-fitur umum yang terdapat pada produk genset, semoga menambah pengetahuan Anda.



Dapatkan produk genset berkualitas hanya di AJBS Home Centre.

No comments:

Post a Comment