Shareaholic

Shareaholic - related post

Wednesday, October 7, 2015

Pompa Air Untuk Rumah Tangga



Pompa air listrik merupakan alat yang umum dijumpai di rumah-rumah. Hal ini dikarenakan tidak semua kawasan mempunyai sumber air yang bisa diandalkan untuk kebutuhan sehari-hari. Belum terjangkau layanan PDAM, aliran air PDAM yang kecil, tidak stabil, dan kotor, merupakan beberapa penyebab rumah tangga membutuhkan pompa air.

Dari banyaknya jenis-jenis pompa air yang berada di pasaran, pompa air sumur dangkal adalah pilihan yang paling banyak digunakan untuk kebutuhan rumah tangga. Karakteristik dari pompa air sumur dangkal ini adalah spesifikasi pada daya hisapnya yang berkisar rata-rata 9 meter, dan daya pancar (dorong) yang berkisar antara 9 hingga 15 meter (tergantung tipe produk yang digunakan).

Pompa air sumur dangkal memiliki 2 model yaitu :


  1. Pompa air model Asia.
  2. Pompa air model Eropa.


Karakteristik perbedaan pompa air model Asia & Eropa.

1.  Pompa air model Asia.
Pompa air model Asia memiliki desain dengan bentuk terbuka, dimana unit mesin / motor pada pompa air dapat dilihat langsung. Pompa air model ini, terdiri dari 2 tipe, yaitu tipe tanpa otomatis dan tipe dengan otomatis.

Perbedaan pada kedua tipe tersebut adalah dari adanya unit tabung dan pressure switch yang hanya terdapat pada tipe otomatis, sedangkan pada tipe non otomatis, tidak dilengkapi dengan tabung, joint, dan pressure switch.

Tetapi apabila pengguna pompa air model ini sebelumnya membeli tipe non otomatis dan ingin menambahkan fitur otomatis, dapat langsung menambahkan aksesoris agar fitur pompa dapat menjadi otomatis.

Aplikasi penggunaan pompa air model Asia ini banyak digunakan untuk pengisian tandon air, pengisian bak mandi, sistem penyiram tanaman, sistem filter air pada kolam, dsb.

2.  Pompa air model Eropa.


Berbeda dengan pompa air model Asia, pada model Eropa ini selalu dilengkapi dengan tabung yang disatukan secara permanen pada bagian unit mesin, selain itu juga dilengkapi dengan penutup pada unit mesin tersebut.

Pada pompa air jenis Eropa, pada semua tipe menerapkan sistem otmatis, sehingga semua unit dilengkapi dengan pressure switch. Kelebihan utama yang dimiliki pada pompa air model Eropa adalah ukuran tabung pompa air yang cukup besar, sehingga mampu menampung air dengan jumlah yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan model Asia.

Kelebihan dari ukuran tabung yang besar ini, menjadikan pompa air model Eropa cocok digunakan secara continue (Pompa akan bekerja, saat kran air dibuka) pada sistem saluran pipa air rumah. Selain tanpa harus membeli profil tank, kelebihan dari menggunakan pompa air model Eropa ini adalah tekanan air yang keluar melalui kran menjadi stabil dengan tekanan yang tinggi, hal itu berbeda dengan rumah yang menggunakan tandor air sebagai sumber pengairannya.

Demikian perbedaan jenis-jenis pompa air yang digunakan untuk kebutuhan rumah tangga, pilihlah jenis pompa yang sesuai agar daya tahan pompa maksimal dan awet.

Dapatkan produk pompa air berkualitas hanya di AJBS Home Center.

                                                                                                           

No comments:

Post a Comment