Shareaholic

Shareaholic - related post

Wednesday, October 7, 2015

Tips Memilih Pompa Air


Pada tulisan lalu kita telah membahas tentang jenis-jenis pompa air, selanjutnya pada artikel ini kita akan memberikan tips yang dapat Anda gunakan ketika akan membeli produk pompa air.
Seperti kita bahas sebelumnya bahwa pompa air adalah alat yang berfungsi untuk menghisap air,dari permukaan yang rendah ke permukaan yang tinggi dengan menggunakan energi listrik. Penggunaan pompa air bertujuan untuk mempermudah kita dalam mengalirkan air ke dalam saluran air di rumah untuk selanjutnya dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan.
Pompa air sendiri terdiri dari berbagai jenis yaitu:

  1. Pompa air sumur dangkal.
  2. Pompa air sumur dalam, yang terdiri dari pompa air semi jet & pompa air jet.
  3. Pompa celup, dan
  4. Pompa Booster.

BAGAIMANA MENENTUKAN POMPA AIR YANG SESUAI DENGAN PENGGUNAAN KITA ?
Pompa air memiliki berbagai jenis dan spesifikasi yang menunjukkan kemampuan dari produk tersebut. Untuk itu sebelum membeli dan memilih pompa air, ada hal-hal yang harus kita perhatikan agar pompa air bekerja maksimal dan tidak cepat rusak.



1. Pahami spesifikasi dasar pada pompa air.

Spesifikasi yang harus kita perhatikan dalam menentukan produk pompa air adalah :
  • Daya hisap (Suction lift)  : Adalah kekuatan hisap pompa air, dihitung dari jarak antara sumber air dengan posisi pompa air.


Agar pompa air bekerja optimal, gunakan pompa air dengan daya hisap melebihi kedalaman sumber air. Misalkan Anda memiliki sumur dengan kedalaman 4 meter dari permukaan, maka anda bisa menggunakan jenis pompa sumur dangkal yang memiliki kapasitas suction lift 9 meter.
Tetapi jika jarak sumber air dengan permukaan mendekati 9 meter maka pompa air dengan kapasitas daya hisap yang sama tidak direkomendasikan.
Pertimbangkan juga ketinggian air pada saat musim kemarau, karena permukaan air saat musim kemarau biasanya turun.


  • Daya pancar (Discharge head) : Adalah jarak antara pompa air dengan titik tujuan tertinggi air dipancarkan.

Daya pancar pompa air juga berhubungan dengan ketinggian rumah. Maksudnya adalah, apabila kita memiliki rumah lebih dari 1 (satu) lantai, tentu akan menyesuaikan pemilihan jenis pompa air berdasarkan daya pancarnya (apabila hendak mengalirkan air ke lantai paling atas).


  • Kapasitas (Flow) : Adalah banyaknya debit air yang dialirkan dalam satuan menit.

Beberapa peralatan yang bekerja dengan mengolah air seperti water heater dan high pressure cleaner memerlukan standar debit air pada saluran inputnya. Seandainya hal ini tidak terpenuhi maka alat tersebut bisa tidak maksimal dalam beroperasi, sehingga dapat mengurangi daya tahan dari alat (alat menjadi cepat rusak).

Penggunaan pompa booster adalah salah satunya cara untuk meningkatkan debit air pada saluran instalasi pipa air. 


  • Daya (Power) : Adalah daya yang digunakan pada saat pompa air beroperasi.
Pastikan daya listrik di rumah Anda mencukupi. Perhitungkan semua peralatan dan perlengkapan rumah Anda yang menggunakan listrik sebagai sumber energinya. Ini untuk mencegah listrik di rumah Anda padam akibat kelebihan penggunaan beban.

2. Perhatikan letak/posisi pompa air.

Pemasangan pompa air sangat mempengaruhi pada kinerja pompa itu sendiri dan daya tahan pompa, pemasangan yang baik dengan menempatkan pompa air pada area yang tidak mudah terkena air, selain untuk keamanan (resiko korsleting listrik) hal ini juga untuk menghindari timbulnya karat.


3. Perhatikan penggunaan “elbow” / “Knee” pada saluran pipa air. 


elbow” / “Knee” merupakan part yang selalu digunakan dalam instalasi pompa air, namun penggunaan “elbow” / “Knee” harus diperhatikan karena setiap satu tekukan (satu  elbow” / “Knee) akan mengurangi daya pancar dari pompa sebanyak  1 meter.
Penggunaan elbow” / “Knee yang terlalu banyak, dapat menyebabkan kinerja dari pompa air kurang maksimal serta menyebabkan daya tahan alat menjadi berkurang.
Contoh : misalkan pada pompa air Anda daya pancar yang tertera adalah 12 meter, jika posisi tertinggi kran air di rumah Anda 7 meter dari posisi pompa, maka jumlah maksimal elbow yang dapat digunakan adalah 5 elbow.
*Apabila pancaran air dirasa kurang maksimal, anda dapat menggunakan pompa booster untuk membantu kinerja dari pompa air utama.

Dengan memperhatikan hal-hal diatas, kita dapat menentukan spesifikasi pompa air yang tepat untuk kita gunakan, sehingga kinerja pompa menjadi maksimal, daya tahan pompa menjadi awet, serta pancaran air yang dihasilkan sesuai dengan apa yang tertera pada spesifikasi pompa, mudah bukan ?

Dapatkan produk pompa air hanya di AJBS Home Center ! Kami menyediakan berbagai jenis pompa air dan elbow/knee yang berkualitas dari berbagai merk ternama.






No comments:

Post a Comment