Shareaholic

Shareaholic - related post

Wednesday, October 7, 2015

Beragam Manfaat Menggunakan Lampu LED



Teknologi lampu terus berkembang sejak Thomas Alva Edison menemukan lampu pijar dengan filamen dari bahan dasar bambu yang mampu bertahan hingga 1200 jam. Bertahun-tahun setelahnya manusia terus berusaha mencari sumber penerangan yang memberikan pencahayaan terang namun hemat energi.

Yang sekarang marak di pasaran adalah penggunaan LED sebagai sumber penerangan. LED sendiri merupakan teknologi terbaru yang digunakan pada produk lampu, dengan mengambil basis dari light emitting diode (LED) yang dikembangkan hingga menghasilkan pancaran cahaya yang terang dengan konsumsi daya yang sangat rendah. Kedepannya, teknologi pada lampu akan mengadopsi teknologi LED.


Penggunaan lampu LED telah banyak menggantikan fungsi dari seluruh lampu yang biasa kita gunakan, baik dari lampu pijar, lampu fluorescent, lampu halogen, maupun lampu mercury. Bahkan di beberapa negara, penggunaan lampu pijar telah dibatasi, bahkan dilarang seperti di Kolombia, Brasil, Argentina, Kuba, Meksiko, dan Australia.



Lampu LED memang lebih mahal daripada lampu fluorescent yang biasanya kita gunakan sebagai sarana penerangan di rumah. Namun lampu LED mempunyai beberapa keunggulan. Disini kita akan membahas keunggulan lampu LED dibandingkan jenis lampu yang lain.



Lima Keunggulan Lampu LED


 1. Cahaya lebih terang.


Lampu LED mampu menghasilkan cahaya yang lebih terang dibanding lampu lainnya. Dalam 1 watt lampu LED, mampu menghasilkan lumen / intensitas cahaya hingga 84 lumens/watt. Berbeda jauh dengan lampu fluorescent yang menghasilkan 55.4 lumens/watt-nya, dan lampu pijar yang menghasilkan 14.3 lumens/watt.



2. Konsumsi daya rendah.


Dengan cahaya yang dihasilkan lebih terang dalam 1 watt-nya, membuat kebutuhan daya pada penggunaan lampu LED lebih kecil. Contoh paling sederhana dirumah, misal area ruang tamu menggunakan lampu fluorescent / TL dengan daya 36 watt, dengan menggunakan LED, cukup dengan 25 Watt (secara teknis perhitungan = 23 watt). Namun pada aplikasinya anda dapat menggunakan LED 10 watt, karena keunggulan pada bodi lampu - penyebaran cahaya lebih terang dan luas.


Jadi, dengan menggunakan lampu LED pada area ruang tamu maka anda menghemat 26 watt dari pemakaian lampu biasanya. 

3. Daya tahan / usia LED lebih lama


Lampu LED memiliki daya tahan hingga 11 tahun, dengan pemakaian rata-rata per-hari 6 jam, hal ini jauh lebih awet dari lampu fluorescent yang memiliki daya tahan 4 tahun, dan lampu pijar yang memiliki daya tahan setengah tahun dengan waktu pemakaian yang sama.
Perbandingan pada tingkat keawetan antara penggunaan LED dengan lampu jenis fluorescent adalah tiga kali lipat*. Menakjubkan bukan?


4. Aman (tidak pecah & tidak menimbulkan kebakaran / gas)


Lampu LED memiliki keamanan karena pada bodi terbuat dari bahan plastik berjenis acrylic yang tidak mudah pecah walaupun terjatuh, serta tidak mengandung gas, baik halogen atau tungsten yang biasa digunakan pada lampu pijar dan fluorescent, sehingga menghindarkan dari resiko terjadinya kebakaran dan keracunan akibat lampu yang pecah / rusak.


5. Hemat.


Dengan konsumsi daya yang rendah dan usia yang tahan lama, tentu saja Anda telah berhemat sejak mengganti lampu dengan LED. Memang harga lampu LED lebih mahal dibandingkan lampu pijar atau lampu fluorescent. Tetapi untuk jangka panjang, menggunakan lampu LED lebih hemat. Tagihan listrik berkurang, dan Anda pun tidak perlu terlalu sering mengganti lampu penerangan.

Sebagai perbandingan, 1 lampu LED usianya sama dengan 3 lampu fluorescent, atau 24 kali lampu pijar.
Selain itu keuntungan dengan menggunakan lampu LED adalah bagus untuk mata, karena cahaya yang dihasilkan oleh lampu LED bernuansa alami dan terang.


Demikian sedikit informasi yang menunjukkan kepada Anda bahwa mengapa harus mengganti lampu penerangan di rumah dengan lampu LED. Mungkin Anda bisa memulai menyisihkan anggaran untuk membeli lampu LED dari sekarang. Sehingga jika salah satu lampu penerangan di rumah Anda mati, Anda tidak ragu lagi untuk menggantinya dengan lampu LED.

Dapatkan lampu Philips LED berkualitas hanya di AJBS Home Centre.

AJBS Home Centre bisa Anda kunjungi di Kota Surabaya, Semarang, Gresik, dan Sidoarjo. 


*Berdasarkan standar lifetime hour pada lampu.
*Tersedia warna warm white dan cool daylight pada lampu jenis Bulb E27.



No comments:

Post a Comment