Shareaholic

Shareaholic - related post

Sunday, October 11, 2015

Pompa Air Untuk Kuras Sawah


Penggunaan pompa air selain digunakan untuk kebutuhan pribadi juga banyak digunakan sebagai alat penunjang dalam kegiatan lain seperti industri, pertanian, maupun jasa. Pada bidang pertanian, pompa air digunakan untuk mengalirkan air di sawah-sawah. Di bidang jasa dapat kita lihat dari adanya jasa isi ulang air minum yang kian banyak, jasa kuras sumur dan kolam air, untuk pengelolaan kolam ikan, hingga jasa kuras pada septic tank yang selalu ada pada setiap daerah.


Berdasarkan sumber energi sebagai penggeraknya, jenis-jenis pompa air dibedakan menjadi dua, yaitu pompa air yang digerakkan oleh energi listrik, dan pompa air yang menggunakan bahan bakar (gasoline). Penggunaan pompa air dengan bahan bakar, banyak digunakan pada daerah-daerah yang jarang dialiri oleh listrik, atau dalam kasus tersebut kapasitas daya listrik yang dimiliki pada rumah tersebut tidak mencukupi kebutuhan konsumsi daya pompa air tersebut.

Pada artikel ini kita akan membahas pompa air yang menggunakan bahan bakar sebagai energi penggeraknya, jenis pompa dengan bahan bakar ini biasa disebut dengan pompa kuras sawah / engine waterpump. Pompa air jenis ini memiliki keunggulan utama yaitu bersifat portable, dimana dapat digunakan pada berbagai area, menyesuaikan dengan kebutuhan manusia.




Prinsip kerja dari pompa kuras sawah, yaitu dengan memanfaatkan bahan bakar untuk menggerakan mesin / engine pada unit pompa air tersebut, sehingga turbin (impeller) pada pompa sevara otomatis ikut bergerak sesuai dengan kecepatan mesin / engine.

Dengan adanya engine inilah, membuat power / kekuatan gerak yang dimiliki oleh pompa kuras sawah menjadi besar, ini dapat kita lihat dari spesifikasi yang tercantum pompa kuras sawah dalam satuan hp (horse power).


Selain itu, keunggulan yang dimiliki pompa kuras sawah yaitu pada kemampuannya dalam mengalirkan “debit” air, pompa kuras sawah jauh lebih unggul ketika digunakan untuk mengalirkan air dalam jumlah yang besar dibandingkan dengan menggunakan pompa air listrik. Namun pada tekanan air yang dihasilkan oleh pompa kuras sawah tidak sebesar tekanan air yang dihasilkan oleh pompa air listrik.


Aplikasi pompa kuras sawah banyak digunakan pada berbagai hal. Seperti untuk mengalirkan air dari mobil tangki ke tandon penyimpanan air minum (pada usaha isi ulang air minum), untuk sirkulasi oksigen air pada budidaya ikan di tambak, untuk irigasi sawah, dan masih banyak lagi.
 
                                            Gb. Contoh aplikasi pompa kuras sawah




Demikian artikel mengenai pompa kuras sawah, semoga dapat menambah wawasan anda pada jenis-jenis pompa air.


Dapatkan produk pompa kuras sawah berkualitas dan bergaransi hanya di AJBS Home Centre.

AJBS Home Centre bisa Anda temukan di Kota Surabaya, Semarang, Gresik, dan Sidoarjo.




 

 

No comments:

Post a Comment